Translate

Rabu, 16 Oktober 2013

Tips mengikuti Blog Competition


Tips Icity Blog Competition

Para blogger pasti tak asing dengan istilah Blog Copetition, Kompetisi yang diikuti oleh blogger dengan membuat artikel atau postingan satu halaman untuk diikutkan dalam perlombaan. Artikel yang ditulis harus sesuai dengan peraturan dan syarat ketentuan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara.



Walaupun saya belum menjadi blogger yang profesional, saya juga baru pertamakali mengikuti Blog Competition dan belum tentu menang, namun tak salah jika berbagi Tips dan Trik dalam Blog Competition. Berbagi tak harus menunggu sampai pandai bukan? Ada salah dan kurang lengkapnya, silahkan para blogger sejati untuk dikoreksi melalui komentar. Ok?


Kali ini saya akan berbagi tips Blog Competition yang digelar oleh Forum Icity. Forum terkemuka di Indonesia yang didukung oleh provider Indosat ini menyelenggarakan Blog Competition dengan tema “Asyiknya Berbagi Solusi Bareng Forum Icity”. Link penyelenggaraan klik di-sini. Tips berikut juga dapat dijadikan referensi dalam mengikuti acara Blog Competition dilain penyelenggara. Dengan menyesuaikan pada peraturan dan syarat ketentuan yang diberikan.


Langsung saja, Tips nya sebagai berikut:
  1. Cermati peraturan syarat dan ketentuan yang diberikan. Usahakan jangan menyimpang dari peraturan yang ada. Pada bagian ini hampir semua bisa mencermati, namun pengaplikasiannya terkadang kurang sesuai.
  2. Ikuti alur-alur dalam ketentuan kompetisi. Semisal harus ngisi form. Registrasi, follow account twitter dan sejenisnya. Saya kira pengguna internet sudah pada semuanya ya kan.
  3. Ikuti pedoman penulisan, semisal diharuskan ada kata “Forum Icity” pada judul, isi artikel minimal 500 kata, dalam artikel harus ada kata apa dan sebagainya. Peraturan ini harus diikuti betul. Jangan sampai tidak sesuai dengan ketentuan.
  4. Kesesuaian tema, sub tema (topik), judul artikel, isi artikel dan kata kunci (keyword). Disini biasanya tidak dijelaskan atau ditentukan secara rinci. Padahal disini adalah sesi penting dalam penjurian. Maka dari itu di poin 4 ini akan saya coba untuk uraikan. 
Sebagai contoh Blog Competition yang saya ikuti adalah dari Forum Icity. Disini ditetapkan :
TEMA KOMPETISI BLOG
"Asyiknya Berbagi Solusi Bareng Forum ICITY"
TOPIK TULISAN
Topik yang dapat dipilih dalam kompetisi ini antara lain:
a.  Budaya berbagi solusi di Forum ICITY
b.  Forum ICITY dan semangat "saling bantu" antar komunitas
c.  Manfaat Forum ICITY bagi anda (sebagai pengguna)
JUDUL TULISAN
Wajib ada kata “Forum ICITY”
ISI TULISAN
Wajib ada kata “Forum ICITY” dan “Solusi Komunitas”
Dari peraturan ini dapat diterapkan tips dan trik sebagai berikut:
  • Jangan sampai judul yang kita buat tidak ada kata Forum ICITY. Ya iyalah ini mah tak perlu dibahas.
  • Didalam artikel yang kita tulis jangan sampai terlewatkan kata Forum ICITY” dan “Solusi Komunitas”. Yahhh.. ini juga mudah. Tinggal dirangkai saja beberapa beperapa kalimat dengan kata tersebut. Hanya saja harus perhatikan alur artikel yang runtut.
  • Sesuaikan isi dan artikel dengan tema dan topik yang ditentukan. Karena inti temanya “asyik” maka isi artikel sebaiknya juga menunjukkan citra atau suasana yang mengasyikkan.
  • Jangan membuat artikel yang terasa “asyik” yang hanya sepihak. Asyik sepihak dalam arti asyik bagi diri sendiri tetapi tidak terasa “asyik” bagi orang lain. Contoh artikel berjudul “asyiknya ngobrol OOT di Forum ICITY sampai terbawa mimpi”. Nah belum tentu ngobrol OOT tadi asyik bagi pengguna lain lho.
  • Didalam artikel hindari sindiran, kritikan terhadap Forum atau member forum. Kan temanya “asyik” masa isinya ada kritikan yang menekan. Sebaiknya kritikan tidak diungkapkan pada artikel, namun di forum feedback untuk didiskusikan bersama.
  • Susun isi artikel yang urut dalam beberapa paragraf. Dapat juga disusun dalam bentuk sub bertingkat maupun sub sejajar. Dapat langsung berupa beberapa paragraf, atau menggunakan heading subheading dan seterusnya.
  • Berikan gambar penunjang yang menarik. Yang dapat mendukung citra kesesuaian tema atau menguatkan judul.
  • Inti tema adalah “asyik” merupakan ungkapan rasa (perasaan) yang menyenangkan. Usahakan isi artikel berupa ungkapan perasaan “asyik” sesuai pengalaman atau pantauan peserta kompetisi. Jadi hindari artikel berupa review secara umum. Apalagi review tidak mencerminkan inti tema (“asyik”)
  • Sesuaikan isi artikel dengan topik yang dipilih. Jika memilih topik “budaya berbagi solusi” maka arahkan isi artikel mengerucut pada “Asyiknya berbagi solusi dalam budaya berbagi di Forum ICITY” dan usahakan tetap konsisten pada satu topik.
  • Jika memilih topik “semangat Saling bantu antar komunitas” maka arahkan artikel mengerucut pada “asyiknya berbagi solusi dalam semangat saling bantu antar komunitas di Forum ICITY” dan tetap konsisten pada topik yang dipilih.
  • Begitu juga jika memilih topik “manfaat pribadi Forum Icity” maka arahkan isi artikel mengerucut pada “Asyiknya mendapat manfaat berbagi solusi dalam Forum ICITY”. Selain harus konsisten, isi artikel pada pilihan topik ini adalah murni pengalaman pribadi, jadi hindari review secara umum.
  • Pilihan topik yang ketiga sangat dimungkinkan terdapat perbedaan isi artikel yang mencolok antar peserta kompetisi. Hal ini wajar karena perbedaan pengalaman dari masing-masing anggota Forum ICITY.
  • Berarti untuk pilihan topik pertama dan kedua artikelnya sama rata donk? Kan tidak berdasar pada pengalaman? Belum tentu. Karena sudut pandang antar anggota terhadap keasyikan di Forum Icity juga berbeda-beda. Apalagi kembali ke inti tema “asyik” merupakan ungkapan perasaan pribadi.
  • Alangkah lebih baik lagi jika didalalam isi artikel berikan ending yang jelas. Dan fokus terhadap kesesuaian tema, topik dan judul yang dipilih.
  • Sekarang kesesuaian keyword harus diperhatikan. Berikut saya berikan contoh.
  • Keyword untuk forum ICITY = Forum Solusi Komunitas
  • Keyword untuk tema = Asiknya Berbagi Solusi
  • Keyword untuk topik pertama = Budaya Berbagi Solusi
  • Keyword untuk topik kedua =  Semangat Saling Bantu Antar Komunitas
  • Keyword untuk topik ketiga = Manfaat Pribadi Forum ICITY
  • Dengan adanya kesesuaian keyword dan isi artikel, kemungkinan besar tulisan kita akan mudah terindex oleh mesin pencari.
  • Hindari keyword yang tidak sesuai dengan isi, karena dapat menjadikan artikel kita terindex sebagai spam.
Demikian tips dalam mengikuti Blog Competition terutama yang diselenggarakan oleh Forum ICITY.
Sebagai contoh Link yang saya ikutkan untuk kompetisi adalah:
Artikel yang saya ikutkan tadi belum tentu menang. Karena masih banyak artikel dari peserta lain yang lebih berpengalaman dengan isi artikel yang memukau.

Tips ini tetap saya tulis untuk catatan saya pribadi dan referensi bagi pembaca untuk lebih baik lagi.
Salam berbagi..!
#berbagi tak harus pandai
#memberi tak harus kaya


Tidak ada komentar: